FITNAH WANITA DALAM AL-QUR’AN (STUDI KOMPARATIF ANTARA TAFSIR AL-QURṬUBI DAN TAFSIR AN-NÛR)

Zaimil Anam, Agus Kharir

Abstract


Pada zaman modern ini, banyak pria yang tercoreng kehormatannya akibat tergoda oleh wanita. Wanita yang banyak menjadi fitnah bagi para kaum pria yaitu wanita yang mengumbar-umbar auratnya. Dalam syari’at Islam, wanita wajib menutup auratnya, yaitu seluruh tubuh, dari ujung kepala sampai ujung kaki atau lebih sempurna lagi dengan menggunakan kaos kaki, dan yang diperbolehkan nampak hanya wajah dan kedua telapak tangan. Rasulullah SAW menegaskan bahwasanya wanita merupakan fitnah yang paling berat dari pada fitnah-fitnah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fitnah wanita dalam Al-Qur’an dengan menggunakan tafsir Al-Qurṭubi dan tafsir An-Nûr sebagai sumber primernya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian pustaka, dan untuk metode analisis datanya, menggunakan metode deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fitnah kaum wanita menurut Imam Al-Qurṭubi itu lebih berat dibandingkan dengan fitnah-fitnah lainnya. Menurut Hasbi, fitnah wanita disebut pertama kali sebelum fitnah-fitnah yang lain, karena wanita memang menjadi tumpuan pandangan dan jiwa manusia. Tidak dapat diragukan, bahwa kecintaan para pria kepada perempuan mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan umat manusia, dan dengan kecintaan antara kedua makhluk berlawanan jenis itulah terpelihara kelangsungan hak-hak (kehidupan) umat manusia. Kedua mufasir ini memiliki banyak persamaan dalam memahami dan menafsirkannya, akan tetapi yang menjadi perbedaan dari keduanya adalah dari segi penafsirannya.


Keywords


Fitnah Wanita, Tafsir Al-Qurṭubi, Tafsir An-Nûr

References


Abdurrasyid. “Harta, Tahta, Wanita Dalam Pandangan Islam.” Al-Hadi, vol.IV. 1 (2018).

Al-Qurthubi. Tafsir Al-Qurthubi. vol.IV. Pustaka Azzam, t.t.

———. Tafsir Al-Qurthubi. vol.IX. Pustaka Azzam, t.t.

Ash-Shiddiqiey, Teungku Muhammad Hasbi. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur. vol.I. Semarang: PT. PUSTAKA RIZKI PUTRA, 2000.

———. Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur. vol.III. Semarang: PT. PUSTAKA RIZKI PUTRA, 2000.

Jawas, Yazid bin Abdul Qadir. “Waspadalah Terhadap Fitnah Dunia Dan Fitnah Wanita.” Last modified 4 September 2019. Diakses 14 Februari 2021. https://almanhaj.or.id/12733-waspadalah-terhadap-fitnah-dunia-dan-fitnah-wanita-2.html.

Kartika, Meida. “Pakaian Perempuan Di Zaman Modern (Studi Pemahaman Hadis Tentang Wanita Berpakaian Tapi Telanjang).” UIN Syarif Hidayatullah, 2017.

Kementrian Agama R.I. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: SEMESTA AL-QUR’AN, 2013.

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Progressif, 1997.

Qindil, Abdul Mun’im. Fitnatun Nisa’. Semarang: CV. Surya Angkasa, 1995.

Tim Penyusun. Pedoman Penulisan Skripsi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. Sumenep: IDIA Press, 2018.

“Hasil Pencarian - KBBI Daring.” Diakses 14 Februari 2021. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/fitnah.

“Wanita, Ujian Terbesar Kaum Laki-Laki.” Muslim.Or.Id. Last modified 11 Januari 2014. Diakses 10 Maret 2021. https://muslim.or.id/19526-wanita-ujian-terbesar-kaum-laki-laki.html.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v5i1.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.