BUPATI PAMEKASAN DALAM KONTRUKSI MEDIA (Analisis Framing Model Robert N. Entman Terkait Penanganan Covid-19 di Media Cetak Radar Madura)

Ahmad Huzaini

Abstract


Abstrak

Media cetak sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan berita dan informasi kepada publik. Selain itu media juga mampu berperan sebagai lembaga yang bisa membentuk opini publik. Salah satunya membangun sebuah citra dari pemberitaan yang dimuat. Bupati dan Pemerintahan Kabupaten Pamekasan termasuk yang menjalin kerjasama dengan media cetak Jawa Pos Radar Madura.  Selain itu, Bupati dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan memanfaatkan media sebagai alat untuk membangun citra diri dan pembentukan opini publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Bupati dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam membangun citra pemerintahannya melalui pemberitaan di Radar Madura dalam menanangi Covid-19. Studi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan teknik pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi berupa koran Radar Madura. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Bupati Pamekasan dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan memanfaatkan media cetak Radar Madura untuk menginformasikan, mensosialisasikan kebijakannya dalam menangani Covid-19. Melalui pemberitaan yang dimuat, Radar Madura mencoba mempengaruhi publik dalam membentuk citra Bupati Pamekasan dalam menangani Covid-19. Dengan menempatkan berita tentang Bupati Pamekasan pada headline pemberitaan, serta mengulang-ulang pemberitaan dengan substansi yang sama.  

 


Keywords


Kata Kunci: Citra Pemerintah, Konstruksi Media, Analisis Framing

References


DAFTAR PUSTAKA

Afriansyah, Afriansyah, Ernalida Ernalida, dan Nandang Heryana. “REKONSTRUKSI REALITAS BERITA EKONOMI DALAM DETIKCOM DAN VIVA.CO.ID EDISI APRIL-MEI 2015.” Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, vol.3, no. 2 (2016): 119–134.

Anggoro, Ayub Dwi. “MEDIA, POLITIK dan KEKUASAAN (Analisis Framing Model Robert N. Entman tentang pemberitaan hasil pemilihan Presiden, 9 Juli 2014 di TV One dan Metro TV ).” ARISTO, vol.2, no. 2 (22 Februari 2016): 25–52.

Basri, Abdul. “Bentuk Satgas Pencegahan Covid-19.” Pamekasan, t.t., 17 Maret 2020 edisi, bag. Headline.

———. “Cerita Bupati Baddrut Tamam tentang Sulitnya Tangani Covid-19.” Pamekasan, t.t., 19 April 2020 edisi, bag. Headline.

———. “Pemkab Pamekasan Bantu Masyarakat Terdampak.” Pamekasan, t.t., 28 April 2020 edisi, bag. Halaman Biro.

Budhirianto, Syarif, Noneng Sumiaty, dan Syaidah. “Analisis Wacana Media Terhadap Kebijakan dan Citra Pemerintah di Surat Kabar Daerah Pada Tahun 2017.” 2018, vol.19 (12 Oktober 2018).

Eriyanto. Analisis Framing (Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media). vol.312. LKiS Yogyakarta, 2005.

J. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Revisi. Bandung: PT. Rosda Karya, 2019.

Kriyantono, Rachmat. Teknis Praktis Riset Komunikasi. 7 ed. Jakarta: Kencana, 2014.

Sambas, Syukriadi. Sosiologi Komunikasi. 1 ed. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Sobur, Alex. Analisis Teks Media. 7 ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

———. Analisis Teks Media (Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis “Framing”). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/bayanlin-naas.v5i1.570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bayan lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam