PARTISIPASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN NURULHUDA PAKANDANGAN SUMENEP

Abdul Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Partisipasi Dalam Pengambilan Keputusan Pendidikan Di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Sumenep. Menggunakan metode kualitatif dengan Hasil penelitian bahwa Pengambilan keputusan pendidikan di pondok pesantren Nurulhuda pakandangan dilakukan dalam forum MPH merupakan forum tertinggi dalam pengambilan keputusan yang beranggotakan 9 orang terdiri dari 3 kiyai dan enam orang asatidz. Keanggotaan MPH ditunjuk langsung oleh majlis kiyai dengan pertimbangan senioritas dan kredibelitas serta loyalitas terhadap pesantren,  Pangambilan keputusan dilakukan dengan musyawarah mufakat. IHSAN dan IHWAN merupakan lembaga yang dibentuk sebagai forum silaturrahmi juga sebagai mediator antara pesantren dengan masyarakat yang lebih luas

Keywords


Partisipasi, Pengambilan Keputusan Pendidikan, Pondok Pesantren

References


Ahmad Sabri. Kebijakan dan Pengambilan Keputusan Islam. Jurnal al-Ta’lim. Jilid 1. Nomor 5 Juli 2013.

Anoraga P. Psikologi kepemimpinan Jakarta: Rineka Cipta 2001.

Budi Winarno. Kebijakan publik: terori dan proses. Yogyakarta: MedPres. 2008.

David, F.R. Strategic management: concept & case. New Jersey: Prentice Hall, 2000.

Herson Anwar. Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8 Nomor 1 April 2014.

Husaini Usman. Manajemen: teori, praktik & riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2008

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Social, Bandung: Bandara Bayu, 1996.

Khaparde, Srivastava, & Meganathan. Successful School Management in India: Case Studies of Navodaya Vidyalayas. Educational Research for Policy and Practice Journal. 2004. Diakses dari http://proquest.umi.com/pqdweb?index=31&did=2137388341&SrchMode.

Lexy J. Moleong. Metodologi penelitian kualitatif, bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Lunenburg. F.C. and Ornstein. A.C., Educational administration; concepts and practices, Third Edition. (Belmont, CA: Wadsworth Thomson Learning, 2000,

Masyhud & Khusnurdilo. Manajemen pondok pesantren. Jakarta: Diva Pustaka. 2005.

Qomar, Mujamil. Pesantren; dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Jakarta: Erlangga. 2007.

Tatum dkk. Leadership, decision making, and organizational justice. London: Management Decision jurnal. Vol. 41, 2003. Iss. 10; diakses dari http://proquest.umi.com/pqdweb?index=75&sid=14&srchmode=1&vinst=PROD&fmt=3&startpage.

Terry, G.R, Principles of management (6th ed). London: Richard D. Irwin Inc, 1977,

Tim Penyusun, Modul pemantauan good governace dan hak asasi manusia: studi kasus tentang Perda ketertiban umun dan variannya. Jakarta: Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia. 2010.

Undanng-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003

Wuradji, The educational leadership: kepemimpinan transformasional. Yogyakarta: Gama Media. 2008.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/reflektika.v13i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.