KOMUNIKASI KYAI DI PERGURUAN TINGGI

Iwan Kuswandi

Abstract


Perguruan  tinggi  dan  pesantren  adalah  dua  tradisi pendidikan yang mempunyai banyak perbedaan. Dalam pesantren, kyai menjadi tokoh sentral yang perannya sangat dominan, beda halnya dengan Perguruan Tinggi merupakan suatu bentuk organisasi formal yang memiliki sruktur, fungsi dan birokrasi yang baik, tidak bergantung pada satu figur saja.  Kyai merupakan komponen utama dari komunikasi dalam pondok pesantren. Saat ini, banyak pesantren yang membuka jenjang pendidikan tinggi, maka wajar kalau kemudian banyak kyai juga merangkap sebagai pimpinan perguruan tinggi. Tulisan ini menganalisis lebih dalam tentang apa saja model komunikasi yang digunakan oleh kyai di kampus pesantren IDIA Prenduan Sumenep. Kampus ini merupakan kampus pesantren di lingkungan pondok pesantren Al-Amien Prenduan. Hasilnya ditemukan bahwa model komunikasi yang digunakan oleh kyai IDIA Prenduan terdapat tujuh model komunikasi yaitu: Model komunikasi satu arah self action, Model komunikasi interaktif, Model komunikasi transaksi, Model komunikasi transmisi, Model komunikasi ritual dan ekspresif, Model komunikasi publisitas, dan Model komunikasi resepsi.

Keywords


Komunikasi Kyai, Perguruan Tinggi

References


Fajar, A. Malik. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2005.

Kuswandi, Iwan. “Efektifitas Dakwah Kiai Melalui Majalah.” Dirosat 1 (2016): 225–242.

Liliweri, Alo. Komunikasi Serba Ada Dan Serba Makna. Jakarta: Kencana, 2011.

Mahfudh, Sahal. Nuansa Fiqih Sosial, Perguruan Tinggi Di Pesantren. Yogyakarta: LkiS, 2007.

Prenduan, Sekretariat Yayasan Al-Amien. “Warta Singkat (Warkat) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Indonesia Tahun 2016,” n.d.

Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda, 2012.

Sekretariat Yayasan Al-Amien Prenduan. “Warta Singkat (Warkat) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Indonesia Tahun 2014,” n.d.

———. “Warta Singkat (Warkat) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Indonesia Tahun 2015,” n.d.

Supratikya. Tinjauan Psikologis: Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius, 2009.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/reflektika.v13i1.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.