Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Nurul Huda Pekandangan Barat

Fikri Annur, Ach. Maulidi

Abstract


Munculnya pandemi Covid 19 telah banyak mempengaruhi dunia pendidikan sehingga menimbulkan beberapa perubahan terhadap sistem pendidikan dan pembelajaran. Untuk itu, beberapa lembaga pendidikan memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Namun, tidak semua lembaga pendidikan bersepakat untuk melaksanakan pembelajaran daring. Diantara lembaga pesantren yang melaksanakan pembelajaran tatap muka selama masa pandemi Covid 19 adalah Madrasah Aliyah Nurulhuda Pakandangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di tengah Pandemi Covid 19, mendeskripsikan dampak dari pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid 19 serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid 19 di Madrasah Aliyah Nurulhuda Pakandangan Barat Bluto Tahun 2020.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif degan jenis studi kasus. Sumber data penelitian adalah sumber data primer (Kepala Sekolah, guru dan siswa Madrasah Aliyah Nurulhuda) dan sumber data sekunder (dokumentasi dari Madrasah Aliyah Nurulhuda). Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara analisis data terdiri dari tiga analisis yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid 19 di Madrasah Aliyah Nurulhuda dengan mengurangi durasi dan bobot  serta peraturan penataan kelas. Dampak dari pembelajaran tatap muka tersebut ditambahnya aktifitas guru di luar kelas. Dampak terhadap orang tua diuntungkan karena anaknya tetap menerima pembelajaran. Faktor Pendukung santri dan guru muqim di pondok 24 jam dan kesepakatan wali santri dan pondok.faktor penghambatnya letak pondok di tengah masyarakat dan kurangnya sarana dan prasarana.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Tatap Muka, Covid 19.


Keywords


Covid-19, Face to Face, Learning

References


Ananda, Rusydi. Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2019.

Creswell, John W. “Penelitian Kualitatif & Desain Riset.” Mycological Research 94, no. 4 (1990): 522.

Hasan, Nor. “Fullday Sachool (Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asin).” Tadris 1 (2006).

Joharudin D, Agus. “Panic Syndrom Covid-19 : Penekanan Terhadap Kebijakan Yang Diberikan.” Jurnal Perspektif 4, no. 1 (2020): 44–53.

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, and Barokah Widuroyekti. “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Sinestesia 10, no. 1 (2020): 41–48.

Magdalena, Ina, Fatikah Mulyani, Nuri Fitriyani, and Awalia Hapsa Delvia. “Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Di SD Negeri Bencongan 1.” PENSA 2, no. April (2020): 87–98.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. 4th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Mawardi. “Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan RPP” 20, no. 1 (2019): 69–82.

Mularsih, Heni, and Hartini Hartini. “Pengelolaan Ruang Kelas Dalam Rangka Meningkatan Keefektifan Pembelajaran Di Pkbm Insan Cendikia.” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2, no. 1 (2019): 15–21.

Permatasari, Arvynda. “Pengelolaan Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Secara Online.” Manajemen Pendidikan 24, no. 3 (2014): 260–265.

Pondok, Pimpinan. “MAKLUMAT PONDOK CEGAH COVID-19.” Sumenep: Sekretaris Pondok Pesantren, 2020.

Rifaldi, Fahmi. “PENGARUH LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN REJOSO PETERONGAN JOMBANG.” Jurnal Of Indonesia Islam (2017): 1–9.

Ristyawati, Aprista. “Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 Oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945.” Administrative Law and Governance Journal 3, no. 2 (2020): 240–249.

Setiawan, Rizki, and Eti Komalasari. “Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan Dan Sosiologi 4, no. 8 (2020): 1–13.

Sri Yustika, Ni Wayan. “PENTINGNYA SARANA PENDIDIKAN DALAM MENUNJANG KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–1699.

Yunus, Nur Rohim, and Annissa Rezki. “Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7, no. 3 (2020).


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/maharot.v5i1.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.