REVITALISASI PESANTREN SEBAGAI AGEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA PTKIN

Abdul Matin bin Salman

Abstract


Pesantren tak lain adalah suatu lembaga pendidikn Islam tertua dan asli produk Indonesia yang mengajarkan, mengembangkan, dan menyebarkan agama Islam, dari berjalannya waktu banyak pesantren yang melakukan pembaruan demi mengokohkan eksistensinya dan agar bisa menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Sebagai lemabaga pendidikan Islam yang kuat akan tradisi intelektual Islam pesantren banyak menyumbang mahasiswa yang potensial di PTKIN. Ini dikarenakan mahasiswa-mahasiswa yang alumni pesantren sudah mempunyai modal dasar-dasar ilmu keagamaan yang diperoleh dari pesantren hingg ketika masuk perguruan tinggi, mahasiswa tinggal meneruskan pengembangan ilmu keagamaan dengan sentuhan moderntas dan metodologis yang lebih dalam yang ada di perguruan tinggi.

Keywords


Revitalisasi, Pesantren, Sumber Daya Mahasiswa

References


Asrohah, Hanun, Pelembagaan Pesantren Asal Usul Dan Perkembangan Pesantren Di Jawa, Jakarta: Bagian Proyek Peningkatan Informasi Penelitian Dan Diklat Keagamaan, 2004.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Millennium Baru, Jakarta: Logos, 2003.

Bawani, Imam, Trdisionalisme Dalam Pendidikan Islam; Studi Tentang Daya Tahan Pesantren Tradisional, Surabaya: Al-Ikhls, 1993.

Dhofier, Zamakhyri, Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masas Depan Indonesia, Jakarta: LP3ES, 2011.

Madjid, Nurcholish, Bilik-Bilik Pesantren; Sebuh Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997.

Masjkur, Anhari, Integrsi Sekolah Ke Dalam System Pendidikan Pesantren, Surabaya: Diartama, 2007.

Mastudi, dan Marzuki Wahid, Perguruan Tinggi Agama Islam Di Indonesia; Sejarah Pertumbuhan Da Perkembangan, Departemen Agama, Jakarat, 2003.

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren; Suatu Kajian Tentang Unsur Dn Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994.

Rahardjo, M. Dawam (ed), Pesntren Dan Pembarun, Jakarta: LP3ES, 1985.

Wahid, Marzuki, dkk, Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayan Dan Transformasi Pesantren, Bandung: Pustaka Hidayah, 1990.

Yasmadi, Modernisasi Pesantren Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, Cet.2. Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Yunus, Mahmud, Sejarah Pendiikn Islam Di Indonesia, Jakarta: Mutiara, 1996. Data tersebut dioleh dari Diakses pada 05 April 2017

Internet:

sistem informasi dan layanan kelembagaan PTKI Diktis kemenag RI dalam http://diktis.kemenag.go.id/rankingptai/.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/.v1i1.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.